GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Survey INES: Effendy Simbolon Paling Diinginkan Warga Sumut

Survey INES: Effendy Simbolon Paling Diinginkan Warga Sumut

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta - Indonesia Network Election Survey (Ines) kembali menggelar jajak pendapat jelang Pemilihan Gubernur Sumatera Utara. D…

Survey INES: Effendy Simbolon Paling Diinginkan Warga Sumut

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Indonesia Network Election Survey (Ines) kembali menggelar jajak pendapat jelang Pemilihan Gubernur Sumatera Utara. Direktur Eksekutive Ines Chaerudin Affan memaparkan, partisipasi warga Sumatera Utara untuk ikut berpartisipasi memilih pada Pilkada mendatang hanya 49,3 persen. Sebanyak 19,1 persen masih ragu- ragu untuk ikut memilih dan 31,6 tidak akan memilih

"Faktor yang melatarbelakangi pilihan warga Sumatera Utara dalam memilih Gubernur dalam jawaban survei didapati 76,6 persen Warga Sumatera memilih paslon berdasarkan kesamaan agama dengan yang dianut oleh calon gubernurnya," kata Chaerudin di Jakarta, Kamis (14/12)

Ia menyebut, sebanyak 78,9 persen warga Sumut memilih paslon berdasarkan kesamaan etnik. Sedangkam 57,8 persen pilihan berdasarkan personal proximity (kedekatan pribadi).

"Fenomena politik identitas di Sumatera Utara ini sebagai gejala kebangkitan sosial masyarakat dalam merespons sistem pemerintahan sebelumnya yang belum berkeadilan, proporsional, dan egaliter. Namun, jika dilihat dari perspektif demokrasi, praktik politik identitas itu justru sebagai sebuah kemunduran," katanya

Sejumlah nama mulai bermunculan menjelang Sumut 2018. Tingkat pengenalan dan kesukaan masyarakat pada tokoh bakal calon Gubernur Sumatera Utara 2018-2023 petahana Gubernur T Erry Nuradi 77,8% dan Letnan Jenderal TNI Edy Rahmayadi 70,6 % . Sementara Tifatul Sembiring 70,10% , Gus Irawan Pasaribu 76,20%, Effendi MS Simbolon 77,60% dan Maruarar Sirait 68,90%.

Chaerudin menjelaskan, tingkat akseptabilitas para tokoh yang diterima oleh masyarakat Sumut sebagai Calon Gubernur Sumatera Utara didapati jawaban survei bahwa Petahana Gubernur T Erry Nuradi memiliki tingkat akseptabilitas 70,9% dan Letnan Jenderal TNI Edy Rahmayadi 73,3 % ,Tifatul Sembiring 69,3 % , Gus Irawan Pasaribu 72,7%, Effendi MS Simbolon 74,2% dan Maruarar Sirait 71,8%.

"Dalam temuan survei Effendi MS Simbolon dianggap tipe pemimpin yang paling tinggi memiliki tingkat kompentensi yaitu 75,8% di mana dia dinilai sebagai seorang tokoh yang memiliki kemampuan dan akuntabilitas sebagai pemimpin terhadap kelompoknya," katanya.

Pada pertanyaan 'Siapakah yang akan bapak dan ibu pilih jika pilgub digelar hari ini?' Survei Inea menyebut 22,3 % warga Sumut memilih Effendi MS Simbolon. Sedangkan Petahana Tengku Erry Nuradi hanya memiliki tingkat keterpilihan secara spontan 7,60% dan Letnan Jenderal TNI Edy Rahmayadi 11,20% , Tifatul Sembiring 6,40% , Gus Irawan Pasaribu 8,80%, Maruarar Sirait 5,4%.

Survei jajak pendapat mulai dilakukan sejak 24 November sd 3 Desember 2017 di 33 kabupaten dan kota di Sumatera Utara. Jumlah Responden yang terpilih dalam survei ini yaitu 1816 dari total DPT Pilkada Sumatera Utara yang sebanyak 10.194.368 p emilih yang terseabar secara proposional sesuai jumlah DPT disetiap 33 kabupaten dan kota di Sumatera Utara.

Penentuan jumlah Respoden sebanyak 1816 memiliki tingkat kepercayaan hasil survei sebanyak 95 % dan margin of error +/- 2,3 persen. Penentuan jumlah respoden mengunakan metode multistage random.

Sumber: Google News | Berita 24 Sumut

Tidak ada komentar