GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Kejati Sumatera Utara Tangkap Mantan Sekda Deli Serdang yang ...

Kejati Sumatera Utara Tangkap Mantan Sekda Deli Serdang yang ...

Medan, Tagar (25/8/2018) - Mantan Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Chairullah ditangkap Tim Intelijen Kejaksaan Tinggi Sumatera Utar…

Kejati Sumatera Utara Tangkap Mantan Sekda Deli Serdang yang ...

Medan, Tagar (25/8/2018) - Mantan Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Chairullah ditangkap Tim Intelijen Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara di Desa Kalisuren, Tajur Halang, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (25/8).

Chairullah sudah sejak 23 April 2012 ditetapkan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) oleh Kejaksaan Negeri Lubuk Pakam, Deli Serdang.

"DPO Drs. Chairullah, SIP, MAP merupakan mantan Sekda Kabupaten Deli Serdang dan juga Mantan Pj. Bupati Serdang Bedagai, Sumut," ujar Asintel Kejati Sumut Leo Simanjuntak.

Chairullah diputus bersalah dalam kasus proyek Bantuan Pembinaan Keamanan Ketertiban Pemilu Tahun 2003 dan Bantuan Pembinaan Kemasyarakatan Kabupaten Deli Serdang Tahun 2004.

Ia dinilai merugikan keuangan negara sebesar Rp 2,145 miliar dan dijatuhi pidana penjara selama dua tahun, denda sebesar Rp 50 juta, dan membayar uang penggan ti sebesar Rp 2,094 miliar.

Kasipenkum Kejati Sumut, Sumanggar Siagian menjelaskan, pelaksanaan operasi intelijen pengamanan DPO berjalan dengan aman dan sangat kooperatif baik oleh DPO maupun anak-anaknya (keluarga). Tim yang dipimpim langsung Asintel Kejati Sumut saat pengamanan, melakukan upaya persuasif dengan menyadarkan DPO dan keluarganya agar dengan kooperatif dapat melaksanakan putusan Mahkamah Agung.

"DPO dibawa langsung menuju Bandara Soekarno Hatta untuk diberangkatkan ke Bandara Kualanamu untuk diproses administrasi di Kejatisu dan selanjutnya diserahkan ke Kejari Deli Serdang untuk dieksekusi ke LP," tambah Sumanggar.

Chairullah merupakan salah satu dari 21 DPO yang berhasil ditangkap oleh Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara selama 2017. Asintel Leo Simanjuntak berharap DPO lainnya agar segera menyerahkan diri.

"Tidak ada tempat bagi DPO untuk sembunyi," tegas Leo Simanjuntak. []


Sumber: Berita Sumatera Utara

Tidak ada komentar