www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Melihat Miniatur Sumatera Utara di Museum Negeri Provinsi Utara

Posted by On 17.17

Melihat Miniatur Sumatera Utara di Museum Negeri Provinsi Utara

SPORTOURISM - Museum Sumatera Utara atau Museum Negeri Provinsi Utara, merupakan museum terbesar di Sumatera Utara. Berbagai peninggalan sejarah budaya bangsa, hasil seni, dan kerajinan dari berbagai suku di Sumatera Utara, ada di tempat ini.

Museum ini diresmikan pada tanggal 19 April 1982 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan DR. Daoed Joesoef. Akan tetapi peletakan koleksi pertama yang berupa makara, dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia yang pertama, Ir. Soekarno, pada tanggal 28 Oktober 1954, yang selanjutnya terkenal dengan nama Kebun Arca Medan.

Sebagian besar koleksinya berasal dari daerah Sumatera Utara berupa benda-benda peninggalan sejarah budaya mulai dari masa prasejarah, klasik (pengaruh Hindu-Buddha), Islam hingga sejarah perjuangan dan penggalian etnografi. Sebagian lainnya berasal dari beberapa daerah lain di Indonesia dan dari negara lain , seperti Thailand.

Berdasarkan koleksi yang dimilikinya hingga tahun 2013, museum ini menyimpan sekitar 7.000 koleksi. Koleksi yang dipamerkan di ruang pameran tetap diatur menurut periodisasi sejarah dan objek.

Menurut situsbudaya.id, bangunan museum negeri berdiri di atas lahan seluas 10.468 meter persegi, yang terdiri dari bangunan induk dua lantai yang difungsikan untuk ruang pameran tetap, ruang pameran temporer, ruang audio visual/ceramah, ruang Kepala Museum, Tata Usaha, ruang seksi bimbingan, perpustakaan, ruang mikro film, ruang komputer serta tempat penyimpanan koleksi.

Secara arsitektur, bentuk bangunan induk museum ini menggambarkan rumah tradisional daerah Sumatera Utara. Bangunan atap depan dipenuhi dengan ornamen dari suku Melayu, Batak (Toba, Simalungun, Karo, Mandailing, Pakpak) dan Nias.

Sumber: Google News | Berita 24 Sumut

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »