www.AlvinAdam.com

Berita 24 Sumatera Utara

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, WALHI Sumut Nilai Pilgub Sumut ...

Posted by On 07.44

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, WALHI Sumut Nilai Pilgub Sumut ...

Hari Lingkungan Hidup, WALHI Nilai Pilgub Sumut Terburuk, Tak Satu Pun Cagub Peduli Lingkungan

Kedua pasangan calon lupa jika Sumatera Utara saat ini memiliki permasalahan lingkungan yang serius dan penting untuk diselesaikan.

Hari Lingkungan Hidup, WALHI Nilai Pilgub Sumut Terburuk, Tak Satu Pun Cagub Peduli LingkunganTribun Medan /Royandi HutasoitPasangan calon Gubernur Sumut Edy Rahmayadi-Musa Rajeck Shah dan pasangan Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus beradu ide dan program untuk memajukan Sumut.

TRIBUN-MEDAN.com-Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Sumatera Utara memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Medan, Selasa (5/6/2018) dengan menggelar aksi seba gai bentuk peringatan kepada pemerintah untuk selalu hadir dalam mengatasi setiap persoalan lingkungan hidup.

WALHI Sumatera Utara dalam siaran pers yang diterima tribun-medan.com menilai Pemerintah Sumatera Utara komitmennya masih buruk dalam urusan pengelolaan sumber daya alam, baik program dan kebijakan serta tidak menunjukkan tata kelola pemerintahan yang baik. Hal ini terlihat dari pengurusan perizinan yang sarat koruptif.

Pada momentum Hari Lingkungan Hidup Sedunia saat ini, WALHI Sumatera Utara juga melihat proses Pemilihan Kepala Daerah, tidak satu pun pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara yang peduli terhadap lingkungan hidup.

Tidak ada program-program spesifik yang ditawarkan kepada masyarakat dalam menjamin hak masyarakat atas lingkungan sehat (amanat UUD 1945 pasal 28H, UU No 32 Tahun 2009 tentang lingkungan hidup), sehingga belum ada komitmen politik yang kuat para pasangan calon terhadap lingkungan hidup.

Untuk itu, WALHI Sumatera Utara mengajak seluruh masyarakat untuk dapat menggunakan hak pilihnya pada 27 Juni 2018 dengan melihat rekam jejak calon serta komitmen pasangan calon dalam menjamin hak atas lingkungan hidup.

Baca: Walhi Minta Cagubsu Miliki Program untuk Peduli Lingkungan

Baca: Peringati Hari Bumi, Walhi Selenggarakan Lomba Berburu Sampah di Lapangan Merdeka

Baca: Banyak Ikan Putih yang Mati di Danau Toba, Walhi Minta Pemerintah Cek Kualitas Air

Program-program dan komitmen kedua pasangan calon masih seputar isu populis seperti peningkatan ekonomi, kesehatan, pendidikan, kemiskinan, infrastruktur serta pelayanan publik yang cenderung hanya obral janji dan belum tentu dapat direalisasikan.

Dalam debat antar calon yang telah berlangsung sebanyak dua kali, WALHI Sumatera Utara menilai belum adanya komitmen politik yang kuat dari kedua pasang calon dalam upaya perlindungan kawasan hutan dan lin gkungan.

Hal ini mengindikasikan bahwa permasalahan degradasi lingkungan dan kerusakan hutan belum dianggap penting oleh kedua pasang calon.

Kedua pasangan calon lupa jika Sumatera Utara saat ini memiliki permasalahan lingkungan yang serius dan penting untuk diselesaikan.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh WALHI Sumatera Utara terkait permasalahanan lingkungan di Sumatera Utara, bencana ekologis setiap tahunnya meningkat hampir 70 persen yang disebabkan buruknya pengelolaan sumber daya alam. Sehingga berdampak pada meningkatnya angka kemiskinan di Sumatera Utara.

Halaman selanjutnya 12
Editor: Liston Damanik Sumber: Tribun Medan Ikuti kami di Ditolak, Pemuda Nekat Bunuh Diri Usai Tembak Mantan Pacarnya hingga Tewas, Aksinya T erekam CCTV Sumber: Google News | Berita 24 Sumut

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »